Monday, August 31, 2015

Tantangan Utama Seorang Blogger Pemula

Ini adalah pengalaman saya sendiri sebagai seorang blogger pemula. Karena saya adalah seorang blogger pemula. Sudah sejak lama saya mengenal blog dan membuat blog kalau tidak salah sekitar tahun 2011. Ketika itu saya tahu tentang blog dari teman saya dan saya cari-cari info mengenai blog di Google.

Yang membuat saya merasa bersemangat untuk mengetahui lebih mendalam tentang blog karena pada waktu itu teman saya memberi tahu saya tentang potensi dari ngeblog. Pada saat itu teman saya itu memang sangat bersemangat sekali ngeblog dan dia pun juga telah berhasil mendaftarkan adsense. Nah dari situlah saya diajari juga bagaimana mendaftar adsense.

Namun agar sukses dari ngeblog itu tidaklah semudah yang saya bayangkan. Yang menjadi kendala utama saya adalah kesulitan menulis artikel untuk dijadikan konten. Karena konten adalah hal yang paling penting dari blog. Apalah arti sebuah blog tanpa adanya sebuah konten.

Saya benar-benar kesulitan untuk membuat tulisan. Saya bingung bagaimana menulis, menulis apa, tema-nya apa dan memulai dari mana. Sulit sekali untuk membuat postingan blog. Jangankan update artikel rutin dua kali sehari, untuk membuat satu artikel saja saya merasa kesulitan.

Yang membuat saya sulit menulis mungkin karena saya ngeblog tujuannya untuk uang, bagaimana mendapatkan uang dari ngeblog. Jadi saya hanya berpikir akhir saja tanpa memahami proses itu sendiri. Kita tahu untuk sukses memerlukan proses. Agar pandai menulis, maka diperlukan latihan terus menerus. Karena dengan seringnya kita menulis maka lama kelamaan kitapun akan mudah menulis. Jadi mulailah menulis apa saja yang ada di pikiran kita karena apa saja bisa menjadi bahan tulisan untuk ngeblog kalau kita sudah terbiasa menulis. Jadi paksalah diri kita untuk menulis dan menulis.

Itulah salah satu tantangan terberat saya sebagai seorang blogger pemula.


No comments:

Post a Comment