Saturday, September 12, 2015

Tips Menulis Untuk Blogger Pemula

Sebenarnya tips ini adalah tips untuk saya pribadi sebagai blogger pemula yang sedang belajar menulis dengan harapan menjadi mahir dalam menulis blog. Setelah terbiasa menulis maka untuk membuat blog yang bertema khusus (niche blog) kedepannya akan lebih mudah.

Menurut saya pribadi tantangan sebagai seorang blogger pemula yang baru memulai ngeblog adalah susahnya membuat tulisan. Itu sudah saya alami sejak lama hingga membuat saya fakum begitu lama dalam ngeblog gara-gara saya tidak bisa menulis dan saya sadar sebenarnya saya tidak mempunyai bakat menulis. Jadi hanya sebatas bangga menyandang status blogger tapi blognya tidak terurus.
Baca juga: Tantangan Utama Seorang Blogger Pemula

Kita tahu dalam ngeblog konten adalah hal yang sangat penting, maka mau tidak mau kita harus bisa membuat konten sebanyak-banyaknya apalagi kalau tujuannya adalah untuk mendapatkan trafik. Tapi bagaimana agar bisa dengan mudah dan cepat membuat konten?

Saya sadar untuk membuat konten bagi blogger pemula memang tidak mudah, apalagi kalau tujuan ngeblog adalah supaya berpenghasilan. Karena tujuan ngeblog itulah yang sering membuat saya terbebani bagaimana caranya membuat konten yang bagus dan banyak dicari orang. Akhirnya merasa sulit untuk menulis dan akhirnya tidak melakukan apapun.

Bisa karena biasa
Ini yang kadang tidak disadari oleh banyak orang bahwa sebuah keahlian akan tercipta dengan sendirinya kalau sudah menjadi kebiasaan. Begitupun dengan menulis. Kalau belum terbiasa menulis maka biasanya untuk membuat tulisan sangat susah seperti saya yang tidak punya bakat menulis jadi bingung mau menulis apa, dimulai dari mana dan bagaimana mencari ide untuk menulis. Maka biasakan diri untuk menulis. Karena dengan kita terbiasa menulis sudah bisa dipastikan lama kelamaan kita akan mahir menulis dan kalau sudah sering dilakukan, ide itu akan muncul dengan sendirinya. Dan kemampuan menulis kita pun akan semakin terasah.

Nah bagaimana untuk membiasakan menulis?
Setelah kita tahu kalau bakat menulis bisa dilatih dengan terus menerus maka saatnya kita mulai menulis. Pertama buatlah blog gado-gado yang isinya bebas jadi tidak terbatas hanya pada satu tema tetapi temanya bermacam-macam. Mulailah dengan menulis apa saja yang ada di otak kita, tuangkanlah segera dalam bentuk tulisan. Tulisannya bisa berisi apa saja, bisa berisi cirhat, pengalaman, pendapat, tentang pekerjaan, hal yang kita sukai, hal-hal yang terjadi di sekitar kita, dan masih banyak lagi. Masih bingung mau menulis apa setelah kita tahu bahwa ada banyak hal yang bisa ditulis? Kalau hal ini sudah Anda lakukan, sudah bisa dipastikan dengan cepat Anda akan bisa menulis.

Tidak percaya? Saya sudah melakukannya. It's work.

Ingatlah semua hal perlu proses. Inilah proses yang harus dilewati agar Anda terbiasa menulis dan dengan sendirinya Anda akan mahir menulis. Nah disinilah sebenarnya bakat menulis Anda akan cepat terasah. Kalau sudah terbiasa menulis, maka hal sepele apapun bisa dijadikan sebagai ide yang menarik.

Setelah Anda mahir menulis, maka terserah selanjutnya mau ngapain. Anda bisa dengan mudah membuat konten untuk blog niche Anda (blog yang membahas satu topik khusus). Bahkan kitapun sudah siap kalau mau menjadi penulis konten untuk blog orang lain. Banyak loh blog diluar sana yang membutuhkan jasa penulis konten.

Itulah tips saya supaya mudah membuat tulisan dan menjadikan mahir dalam menulis. Intinya adalah mulailah dengan siapkan satu blog khusus gado-gado dan mulailah segera berbicara dalam bentuk tulisan. Bahkan blog gado-gadopun sebenarnya bisa menjadi blog yang besar kalau kaya akan konten yang bermanfaat bagi pembaca.

No comments:

Post a Comment